Thursday, June 17, 2010

MITSUBISHI LANCER

hehehehhe, ini ada taruna lagi

SENSASI PADA DAIHATSU TARUNA YANG TOTAL BERGANTI CASING INI ADALAH TAMPANG EXTREME RACING, PRESTASI YANG LUAR BIASA, DAN SIAPA SANGKA PEMILIKNYA ADALAH SEORANG WANITA…



TIDAK biasa memang, sebuah kendaraan SUV yang konon sebagai tunggangan keluarga kini sosoknya tak lagi familiar. Wajah beringas Daihatsu Taruna besutan Ratu yang sarat dengan watak keras ternyata memiliki segudang prestasi yang pernah singgah pada mobil garapan rider cewek tomboy satu ini.


Nyaris sentuhan seni desain-nya tak terlewatkan walau satu sentimeter, semua telah tersentuh selera modified. Kontur sekeliling bodi telah dimasukkan dalam konsep yang mengusung Extreme Racing. Tengok bumper yang mengkastem model Mitsubishi Lancer EVO VIII, side skirt custom potongan ‘dragster’ terlihat begitu nyata, wide body Shark Fin yang terinspirasi dari BMW Sport. Juga dengan tampilan pada kaki-kaki yang menggunakan Velg 19 Inchi produk Lowenhart LD1 Chome dan Ban Continental 245/55/19, imej angkuh melekat pada Taruna ini. Untuk tenaga pacu, sangat banyak perubahannya, sebagai dragster yang menjadikan sektor mesin sebagai andalannya, Ratu melakukan ‘korekan’ total mulai memapas head dan porting polish, selanjutnya membubuhi sejumlah peranti wajib mobil drag seperti Turbo Charger TD 04, Blow Off HKS, Piping Turbo intercooler, Exhaust pipe 3" Custom, Hurricane two core wire, XCS ground wiring systems, header 4-2-1 Custom, hingga aksesosis Radiator Cap Pivot, Oil Cap HKS, Coil Quantum, NGK Iridium Sparkplugs, dan cover stainless sebagai aksen sport.
Eksterior yang telah berlumur kelir Orange Candy Combine with Black Special dan diakhiri varnish high solid clear by Spies Hecker, menjadikan tampilan extreme look tertanam di sini, selain bertampang garang, Taruna yang sempat disegani untuk kelas 18 detik Drag Race pada tahun 2005 ini semakin total berkosmetik pada eksterior dengan mengaplikasikan desain cutting sticker oracle chrome special 351 pada sekujur body yang semakin ‘gembrot’ Alhasil, kini trophy yang digondol adalah sebagian besar bertajuk Best Wonder Woman in Daihatsu. Lebih sering mengikuti kontes modifikasi menyebabkan Taruna ini habishabisan berdandan ketimbang mengejar ‘hitungan’ detik lagi.
Inspirasi yang direfleksikan pada interior mobil ini-pun disesaki dengan desain ala mobil kontes. Mulai dengan desain racing yang menyomot berbagai produk aksen racing MOMO, Turbo Timer Greedy, Tachometer digital by Auto Gauge, Racing Seat Custom, dan membungkus interior dengan MB Tech Sporty Two Tone.
Sementara urusan entertain dalam mobil yang telah berganti imej ini, sangat siap bersaing dan pastinya sangat memanjakan selera. Mulai Head Unit dan Monitor Touch Screen produk Kenwood,Monitor LCD Samsung 17", Monitor 7" Skeleton. Kemudian tersalurkan lewat perangkat audio dengan mengusung 4 Unit Sub 12" Mohawk Competition, Speaker Split Rockford Fosgate, Power by Concept, Marriola, dan Max Audio, serta Cap Bank Mass Engineering dan Symbion. Sebagai aksen yang sedikit banyak dapat menarik perhatian, Ratu menyuguhkan desain audio dengan Acrylic with LED Ornament, Blitz, Disco Lamp, dan full cover box fibre dengan produk MB Tech Sporty Two Tone.

iya ya, bodykitnya taruna bisa buat nyingkirin mobil2 depannya


sekarang qta ke

MITSUBISHI LANCER
sorry fotonya dikit.


Sejumlah keberanian pemuda Medan ini dalam men-dress-up tunggangannya terlukiskan pada desain cutting sticker yang berkonsep Samurai… Keberanian Bob Rambe dalam membungkus seluruh bodi Lancer GLXi lansiran tahun 2000 ini patut mendapat acungan dua jempol, pasalnya balutan sticker putih yang terkombinasikan dengan cutting sticker Gold Chrome bergambar kartun samurai ini memang catching. Buktinya ribuan pasang mata sempat terpana dengan desain apik pemuda Medan ini saat Bob memarkir mobil ini di pinggir jalan protokol di kota Medan beberapa waktu lalu. Belum lagi saat mengikuti kontes ABT, tak bosan memandangi desain Lancer rancangan anak muda ini.
Keberanian kedua, pemuda kalem ini terbilang nekat juga, karena kelir asal Mitsubishi Lancer ini semulanya berwarna silver, dan dibungkusnya dengan warna putih padahal dalam surat kendaraan belum berganti warna (hehe…awas ada polisi yang tau tuh!). Meski sedikit menyimpang, mobil ini memang menarik setelah konsep Japanese Street Racer yang diusungnya semakin diperjelas dengan permainan cutting sticker bergambar Samurai.

Keberanian berikutnya, Bob juga tak tanggung-tanggung membedah mobil kesayangannya dengan segudang kreasi seperti mengaplikasikan shaved door pada pintu belakang dan bagasi, membentuk engine hood custom open motorized, wing custom, dan body kit full bumper custom, serta lampu-lampu depan belakang yang juga tak luput dari pergantian produk. Sebagai rider beraliran street racer, Bob tak ragu mendesain dapur pacu dengan sejumlah peranti balap yang selain meningkatkan performa juga prestise sebagai penganut isme mobil cepat…yah kudu begini memang. Sebut saja oil catchtank dan fuel pressure yang mencomot produk Greddy, serta header 4-1 + header tutup plat Bordes custom, juga sejumlah peranti yang beraksen racer ada pada sektor ini.


Memasuki kabin, jelas ini sebuah mobil milik seorang rider sejati. Interiornya telah terpenuhi dengan aksen mobil cepat. Tengok penyangga bokong bermerek Sparco tertata garang dengan safety belt Momo Racing, juga stir dan shiftknob masih dengan produk Momo, rollbar custom 6 point, pedal set Split Fire, engine start Pivot, tachometer Auto Gauge Fuel Suede Amara, karpet Plat Bordes custom. Begitu pula pada sisi entertain, sebagai gejolak jiwa muda tak dipungkiri gandrung akan musik adalah sebuah kewajaran nyata. Berawal pada head unit Pioneer DEH 8650 dan sejumlah sound style yang mengimbanginya, sisi pemanja telinga ini tak diragukan lagi kehandalannya.

Memang cukup berani, eits… tapi ini semua hanya karya modifikasi demi ikutan kontes, karenanya maka konsep yang terpublikasi sebagai Japanese Street Racer-pun harus benar-benar terwujud. Alhasil keberanian modif Bob Rambe juga sebuah kepuasan baginya dengan ganjaran sejumlah trophy yang pernah digondolnya. [boy/azh/HIN Magz]

Behind The Build :

Owner : Bob Rambe
Car Type : Mitsubishi Lancer GLXi tahun 2000
Engine : oil catchtank Greddy, fuel pressure Greddy, header 4-1 + header tutup plat Bordes custom
Eksterior : white paint, cutting sticker White + Gold Chrome Samurai theme, shaved door-type, engine hood custom open motorized, wing custom, body kit full bumper custom, headlamp custom, tailight custom
Interior : sport seat Sparco, safety belt Momo Racing, steering wheel Momo, shiftknob Momo, rollbar custom 6 point, pedal set Split Fire, tachometer Auto Gauge Fuel Suede Amara, floor mat Plat Bordes custom
ICE : head unit Pioneer DEH 865

YARIS SHOW OFF TOYOTA YARIS S 2007
RAMUAN BALAP JALANAN
Inspirasi Modifikasi : DETAIL UNIK



Tema racing style sudah saatnya bangkit kembali, termasuk di Surabaya. Agar tak dicap sekedar nimbrung tren, ubahan yang dilakukan mesti punya karakter. Disini, dituntut olah kreativitas. Seperti pada Yaris hitam milik Roy Adhyanto. Body kit penguat karakter racing style dibuat berbeda, “Terinspirasi dari beberapa detail mobil Toyota,” kata Roy yang juga bos bengkel Variasi Ambengan Jaya (VAJ), Surabaya. Efeknya, tampilan berbeda dari Yaris racing style kebanyakan. Spoiler dan diffuser belakang yang desainnya mirip Varis Super Taikyu untuk Subaru WRX, ditambahkan sepasang mika lampu di bagian bawah. Bentuk mika lampu tipis memanjang ini, “Diambil dari mika reflektor dari Camry atau Altis baru yang aslinya nempel di bumper belakang,” terang Roy lagi. Bentuknya cukup menarik, terekspos setelah ditambah lampu bohlam yang disambung dengan saklar lampu kota. Di bagian samping bodi, fender belakang kiri dan kanan juga unik. Detail over fender melengkung dari bahan fiberglass, juga terinspirasi mobil lain. “Yang ini idenya dicomot dari over fender Toyota Celica TRD,” kata Edwin, salah satu pentolan VAJ yang mendesain body kit Yaris ini. Imbasnya fender terlihat lebih berotot. Fender bagian depan senasib. Temanya tambah otot. Caranya, fender asli diganti dengan fender replika dari bahan fiberglass. Bentuknya lebih besar, dengan aksen sirip lubang udara.Konsep sirip fender ini ditiru dari Lexus ISF, model Lexus convertible yang limited edition. Bentuk lekukannyapun dibuat beraksen kuat, lewat aplikasi panel karbon fiber yang ditempeli emblem VVT-i. Pada apron depan, sebagian bumper depan yang berbahan fiberglass, terinspirasi tuner Ings+1. Hanya, “Pada lekukan bumper di bawah headlamp sampai pelat nomor saja yang mirip, lainnya dibuat custom,” kata Edwin. Bentuk bumper bagian bawah dibuat lebih kotak dibandingkan Ings+1, maksudnya, “Untuk mengurangi bentuk oval mirip telur ciri khas Ings,” ujar Edwin yang juga menambah lip berbahan karbon fiber di bawah bumper


Sempat terjadi musibah dua hari sebelum Yaris ini masuk kontes Yaris Show Off di Surabaya. Blok mesin bagian bawah jebol, akibat aplikasi turbo Garrett GT-27 ball bearing dengan tekanan boost yang tinggi, “Waktu itu diset sampai 3 bar, dan ternyata kompresi standar Yarispun sudah tinggi,” ujar Roy. Walhasil, doi mesti mencari mesin penggantinya. Untungnya, Auto2000 Ahmad Yani Surabaya bisa mengatasinya. Dalam waktu kurang lebih 6 jam saja, satu set blok mesin bawah 1NZ-FE (beserta oil pan dan filter oli) seharga Rp 22 juta, sudah siap untuk dipasangkan dalam kompartemen mesin Yaris. Dengan pengalaman sebelumnya, kini tekanan boost turbonya hanya disetel di angka 0,4 bar.






Ada beberapa detail unik yang ditampilkan dalam Yaris biru ini. Siapa tahu bisa jadi inspirasi bagi pemilik Yaris lainnya yang pengin bergaya racing style. 1.Panel karbon printing : Agar satu tema dengan detail karbon fiber pada kap mesin dan lip spoilernya, bagian kabin juga diberi nuansa yang sama. Panel dasbor, door trim diberi sentuhan karbon printing, detail karbon yang dilakukan dengan teknik printing. Untuk satu set kabin mobil Yaris ini biayanya sekitar Rp 1,5 juta 2.Roof Spoiler bertingkat : Untuk menyesuaikan dengan bentuk spoiler depan-belakang yang lebih besar, dibuatlah roof spoiler yang lebarnya sekitar 15 cm. Agar terkesan tebal seperti over fender belakang, bentuknya dibuat bertingkat. 3.Disc Brake : Agar deselerasi lebih aman, disc brake asli roda depan diganti dengan rem depan Brembo 4 pot disc brake 320 mm, agar tidak mentok dengan velg, ukuran velg mesti 17 inci keatas. Sedangkan di roda belakang, dipasang rem disc brake dengan piringan berdiameter 270 mm milik Honda Jazz. 4.Tombol engine start : Yaris tipe S ini aslinya tidak dilengkapi dengan tombol engine start seperti yang menempel di tipe S Limited. Tapi Roy kreatif, ia membeli satu set komponen engine start beserta kabel tersebut seharga Rp 900 ribu untuk dipasang di mobilnya. Toh, tak banyak kendala dalam pemasangan, tinggal sambung dengan kabel dari ECU yang sudah siap.


RUMAH MODIFIKASI: Bodi, aksesori: Variasi Ambengan Jaya (VAJ), Ambengan, Surabaya Aksesori lampu: Indoban, Undaan, Surabaya
Stiker: Peanut, Mulyosari, Surabaya
Aksesori mesin: GR1, Pulogadung, Jakarta Timur Seting mesin: Olimart, Semarang, Surabaya Audio: A Class, Kedung Sari, Surabaya
Interior: utomaxx, Cisadane, Surabaya Jok: Esprit, Nginden, Surabaya Velg: Permaisuri: Mahakam, Jakarta Selatan Panel karbon printing: Facelift, Kalibokor, Surabaya SPESIFIKASI: Body kit custom, wing custom, fender depan custom, overfender belakang custom, kap mesin karbon fiber custom, lip karbon fiber custom, stiker cutting custom, strut bar Tanabe, velg Advan RG-II 17x7,5 inci, baut roda Z Speed, ban Toyo Proxes4 205/45R17, suspensi coil over Tanabe Sustec Pro, under brace depan Tanabe, under brace belakang Tanabe, rem depan Brembo 4 pot disc brake 320 mm, rem belakang disc brake custom 270 mm, busi SplitFire, kabel ground Pivot, turbo Garrett GT-27 ball bearing, intercooler Greddy, blow off valve Greddy, piggy back Greddy Ultimate, boost controller Apex’I AVCR, filter udara Greddy Airinx, air suction kit Greddy, aki kering Stinger, radiator hose Billion, free flow muffler custom, HKS Hi-Power catback exhaust systems, oil cooler Works Engineering, setir MOMO Drifting, pedal set MOMO, shift knob MOMO, seatbelt Sabelt, jok racing Recaro DC5, jok belakang lapis bahan Sparco, panel panel wood printing custom, indikator Pivot (water temperature, oil pressure, oil temperature, exhaut temperature), head unit TV Caska 7 inci, speaker depan Rockford Fosgate, subwoofer Rockford P2 10 inci
















No comments:

Post a Comment